Senin, 06 Oktober 2014

Amazingnya Kramat Inggil

Hai Sobat,
Apa kabar ???
Tau Kota Gresik kan ? Pasti tau dong ! Buat yang nggak tau, ini dia infonya !
Kota Gresik adalah Kota yang terbagi menjadi 18 kecamatan dan terdiri dari 330 Desa dan 26 kelurahan.
Dimana ada salah satu desa yang letaknya di kecamatan Gresik yaitu desa Kramat Inggil yang letaknya dekat dengan area PKL kota Gresik.
Sebelumnya jarang ada bahkan belum ada penulis / wartawan yang menulis artikel dengan mengangkat topik tentang Kramat Inggil. Namun adanya kompetisi ini, membuat saya selaku pelajar terinspirasi untuk mengangkat artikel dengan topik Kramat Inggil.



Pemerintah Kota Gresik sering mengadakan kompetisi lingkungan hidup antar desa se Kabuapaten Gresik. Termasuk desa Kramat Inggil ini yang selalu berpartisipasi dalam lomba - lomba yang diadakan. Tidak hanya sebagai peserta, tapi desa Kramatinggil ini mampu menjadi juara dalam perlombaan ini.
Dan tentunya hal ini tidak pernah lepas dari semangat dan partisipasi masyarakat, dan mereka selalu yakin bahwa segala sesuatu yang ingin dicapai tentu pasti ada banyak hal yang harus diperjuangkan. Desa Kramtinggil harus membuat upaya - upaya yang inovatif dan kreatif agar mampu memnciptakan lingkungan yang indah, asri, bersih, dan ramah lingkungan.


PNG
Ibu-ibu warga Desa Kramat Inggil
Usaha - usaha yang mereka lakukan adalah :
1. Mengolah sampah organik menjadi pupuk
Hal ini merupakan gagasan dari salah satu warga Desa Kramat Inggil yang mengajak masyarakat untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk yang pengolahannya dilakukan di depan rumah dengan media tong ukuran sedang. Meskipun cara tersebut adalah cara yang sangat praktis namun memberikan manfaat yang sangat besar. misalnya ; hasil olahannya bisa dipakai untuk pupuk bagi tanaman mereka.
2. Mengolah sampah menjadi rupiah
Usaha ini juga merupakan salah satu ide dari warga desa Kramat Inggil. Melalui bahan - bahan yang sering dihasilkan dari kegiatan dan kebutuhan sehari - hari, sampah dapat diolah menjadi kerajinan yang menarik dan dapat dijual kepada masyarakat sekitar.misalnya ; tas cantik, sandal, dompet, pigora, dsb.
3. Mengikuti pameran dan penyuluhan tentang lingkungan hidup.
Melalui kegiatan ini, wawasan warga desa Kramat Inggil mengenai lingkungan semakin meningkat dan berkembang. Dengan begitu, warga desa Kramat Inggil dapat menerapkan konsep lingkungan yang baik.

Itulah sekilas cuplikan tentang desa Kramat Inggil yang sangat luar biasa terhadap lingkungan. Patut kita contoh lo sobat.
Karena lingkungan adalah harta yang tidak berwujud uang namun memberikan manfaat dan dampak yang besar bagi kita sebgai manusia.
Keep Environment sobat, !!!
Sampai ketemu di artikel selanjutnya yang tentunya jauh lebih menarik dari artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Top  blogs